Pages

SDN 04 V Koto Timur

Tampak Depan.

SDN 04 V Koto Timur

Halaman Depan Sekaligus Tempat Upacara Bendera dan Sarana Bermain Anak.

SDN 04 V Koto Timur

Halaman Depan Sekaligus Tempat Upacara Bendera dan Sarana Bermain Anak.

SDN 04 V Koto Timur

Halaman Depan Sekaligus Tempat Upacara Bendera dan Sarana Bermain Anak.

SDN 04 V Koto Timur

Guru dan Murid.

Rabu, 30 April 2014

Berbisnis Afiliasi Pada CreamYashodara.com Untuk Berdonasi pada SDN 04 V Koto Timur

Rabu, 30 April 2014 (Di tulis oleh Operator Sekolah). Pada tulisan kali ini penulis melanjutkan sambungan bisnis afiliasi dari bhinneka.com. Baca tulisannya pada http://sdn04vkototimur.blogspot.com/2014/04/berbisnis-afiliasi-pada-bhinneka.com.html. Untuk Bisnis yang satu ini, yang menurut penulis sangat terpercaya dan sudah banyak para afilited bergabung pada situs ini, maka untuk itu penulis ingin membangun bisnis afiliasi pada situs ini, yaitu www.creamyashodara.com
Cream yashodara merupakan situs yang menjual cream pemutih yang formula nya paling lengkap, harga terjangkau, nyaman digunakan, serta terdaftar resmi di BPOM RI. 
   

YASHODARA WHITENING CREAM

Yashodara Whitening Cream diramu secara khusus dari bahan-bahan herbal alami dengan komposisi paling inovatif yang memiliki kemampuan triple action; melindungi, mempercantik danmencerahkan kulit wajah Anda.

Produk cream pemutih ini terdiri atas 2 macam, yaitu Yashodara Night Cream dan Yashodara Day Cream. Masing-masing produk ini dibuat dengan komposisi terbaik untuk mempercantik sekaligus merawat kulit Anda dengan nyaman dan aman, dan tentunya dengan hasil yang jauh lebih baik dibandingkan dengan produk lain.
Yashodara Whitening Cream mengandung bahan aktif Alpha-arbutin,glycolic acid dan kojic acid yang merupakan ingredient dalam produk kosmetik yang sudah terbukti secara klinis aman bagi kesehatan pemakainya.
Bahan-bahan aktif ini juga banyak digunakan sebagai bahan pencerah ataulightening yang bekerja secara sinergis mengembalikan kecantikan Anda dari dalam secara alami, lebih cepat, lebih aman dan efektif untuk mencerahkan dan mengurangi flek-flek hitam serta mengembalikan wajah kusam Anda menjadi cerah dan segar alami.


Kandungan dan Manfaat Yashodara Night Cream
  1. Mencerahkan dan memutihkan kulit secara merata (Alpha Arbutin)
  2. Mencerahkan kulit dengan cara mengurangi laju pembentukan melanosit melalui penghambatan Tyrosinase (Licorice)
  3. Mengurangi terjadinya kerutan pada kulit wajah dengan cara menstimulasi pembentukan kolagen dan meregulasi spingolipid (Vitamin B3)
  4. Membuat kulit tampak lebih bercahaya (AHA Natural)
  5. Mengembalikan keremajaan kulit dengan cara menambah kekenyalan kulit dan memperbaiki kulit bersisik (Extract Aloe Barbadensis Leaf)
  6. Menghaluskan kulit dengan cara membantu pengikisan sel kulit mati dan melindungi kulit dari zat-zat yang mengiritasi dan stress mekanik (Allantoin).


Kandungan dan Manfaat Yashodara Whitening Day Cream
  1. Mencerahkan kulit dengan cara mengurangi laju pembentukan melanosit melalui penghambatan Tyrosinase (Licorice)
  2. Mengurangi terjadinya kerutan pada kulit wajah dengan cara menstimulasi pembentukan kolagen dan meregulasi spingolipid (Vitamin B3)
  3. Membuat kulit tampak lebih bercahaya (AHA Natural)
  4. Mengembalikan keremajaan kulit dengan cara menambah kekenyalan kulit dan memperbaiki kulit bersisik (Ext. Aloe Barbadensis Leaf)
  5. Melindungi kulit dari berbagai radiasi karena mengandung anti-oksidan kuat (Witch hazel and Mushroom Extract/Beta Glucan)
  6. Melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) karena mengandung komponen utama sun block dengan konsentrasi yang menentukan Sun Protection Factor (Titanium dioxide)
  7. Merawat kulit dan memenuhi kebutuhan nutrisi untuk kulit melalui derivat vitamin E (Tocopherol).

Jika para pembaca tertarik untuk membeli produk ini silahkan tuju alamat www.creamyashodara.com


Sekian dulu dari Operator Sekolah. Untuk Bisnis Afiliasi yang kami ikuti akan kami tulis pada tulisan selanjutnya. Terima Kasih.

 

Selasa, 29 April 2014

Berbisnis Afiliasi Pada Bhinneka.com Untuk Berdonasi pada SDN 04 V Koto Timur

Rabu, 30 April 2014 (Di tulis oleh Operator Sekolah). Pada tulisan kali ini penulis ingin berbisnis di bidang Affiliasi atau Affiliated (In English) yang mana bisnis ini bertujuan untuk menambah pundi-pundi rekening Sekolah kami dan selanjutnya di pergunakan untuk keperluan Internal atau Eksternal Sekolah, terutama di pergunakan untuk siswa yang tidak mampu akan diberikan bantuan berupa beasiswa. Karena tanpa usaha tidak mungkin uang mengalir ke rekening dengan sendiri nya. Untuk itu penulis ingin beribisnis di bidang Afiliasi. Mudah-mudahan para pembaca dimanapun berada yang bergabung pada blog sekolah ini tergerak hatinya untuk membeli barang jasa dari blog kami ini terhadap situs yang memberikan upah afiliasi nya. Cara nya yaitu, jika ada dari pembaca dimanapun berada membeli sesuatu produk, baik itu berupa produk elektronika, bermacam pakaian, bermacam sarana olahraga dan banyak lainnya, mengklik dari model situs yang penyedia barang dari blog ini, kemudian pembaca di hantarkan kepada situs penjual barang tersebut, kemudian melakukan transaksi pembelian online terhadap salah satu afiliasi yang penulis ikuti, maka di situlah kami mendapatkan komisi. Dan komisi inilah yang akan masukan kedalam tabungan sekolah kami. Adapaun Afiliasi yang penulis ikuti (tentu pun afiliasi yang terpercaya dan telah banyak di ikuti oleh orang-orang sebelum penulis) yang memberikan upah dengan komisi yaitu :

    Situs Online ini adalah milik orang indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 1999 dibawah naungan PT. Bhinneka Mentari Dimensi, PT. Situas Jualan online ini sudah diakui kepercayaan nya untuk memberikan komisi bagi para afiliasi nya. Dan itu adalah alasan penulis untuk ikut afiliasi ini. Untuk medaftar pada situs ini tidak dibebankan biaya alias Gratis.
Berikut ini adalah produk-produk yang dijual secara online oleh Bhinneka : 

a. Produk Berbagai Alat Musik
Didalam kategori ini, bhinneka menjual berbagai produk alat musik, mulai dari alat musik gitar, drum, piano, alat musik untuk sekolah, untuk umum, mulai dari harga terndah sampai dengan harga yang tinggi pokoknya lengkap selengkapnya.

b. Produk Berbagai Perlengkapan Bayi dan Mainan Bayi
Didalam kategori ini, bhinneka menjual dari seluruh perlengkapan bayi sampai dengan mainan bayi. Pokoknya semua tentang bayi.

c. Produk Berbagai Buku, Movies, Dan Magazines
Didalam kategori ini, bhinneka menjual berbagai jenis buku, movies dan majalah. Baik itu buku tutorial, buku kesehatan, buku novel dan lain sebagainya.

d. Produk Berbagai Camera and Video
Didalam kategori ini, bhinneka menjual berbagai macam camera dan video, bagi anda pecinta seni photographer, maka anda bebas memilih camera mana yang cocok buat anda.

e. Produk Berbagai Komponen
Dalam kategori ini, bhinneka menjual berbagai komponen, baik itu komponen komputer, otomotif, dan seluruh komponen sparepart perbengkelan.

f. Produk Berbagai Komputer, Desktop, dan Notebook
Dalam kategori ini, bhinneak menjual berbagai macam PC atau komputer, Desktop, dan Notebook dari berbagai merk dan tipe, silahkan di cek aja.

g. Produk Berbagai Dekorasi dan Furniture
Dalam kategori ini, bhinneka menjual produk tentang dekorasi dan perlengkapan rumah tangga. Berbagai macam dan tipe perlengkapan mengenai rumah tangga ada disini.

h. Extron Produk
Dalam kategori ini. bhinneka menyediak berbagai macam extron.

i. Berbagai Produk Fashion
Dalam kategori ini, bhinneka menjual berbagai produk fashion, baik untuk anak-anak, dewasa, perempuan maupun laki-laki.

j. Berbagai Produk Gadget
Dalam kategori ini, bhinneka menjual berbagai macam gadget yang ter up to date.

k. Berbagai Produk Health And Personal Care
Dalam kategori ini, bhinneka menjual berbagai macam produk kesehatan, mulai dari pengetes kesehatan berupa alat pengetes kadar gula, sampai alat rumah sakit. Semuanya bisa pembaca dapatkan disini.

l. Berbagai Produk Home Appliance
Dalam kategori ini, bhinneka menjual berbagai macam produk peralatan rumah tangga, seperti setrika, kipas angin, Air Conditioner,dan banyak lainnya.

m. Berbagai Produk Licensing
Dalam kategori ini, bhinneka menjual berbagai produk yang berlicensi, seperti software windows 7dan 8 yang berlisensi,anti virus yang berlisensi, pokok nya serba berlisensi, silahkan cekidot aja.

n. Berbagai Produk Made In Indonesia
Dalam kategori ini, bhinneka menjual bermacam produk buatan orang indonesia, mulai dari asbak rokok,sampai perabot rumah tangga. Pokoknya serba made in Indonesia.

o. Berbagai Produk Network Security System
Dalam  kategori ini, bhinneka menjual berbamacam produk untuk jaringan komputer dari berbagai merk, seperti produk wi-fi, usb, dan lain sebagainya.

p. Berbagai Produk Otomotif
Dalam kategori  ini, bhinneka menjual berbagai produk Otomotif, silahkan pembaca cekidot sendiri,,hehe

q.  Berbagai Produk Peralatan Dapur
Dalam kategori ini, bhinneka menjual berbagai produk perlengkapan dapur, apapun yang dibutuhan kan untu keperluan semuanya tersedia di sini.

r. Berbagai Produk Peralatan Kantor
Dalam kategori ini, bhinneka menjual bemacam produk untuk keperluan kantor, misalnya sepertia alat tulis kantor, mulai dari yang terkecil sampai sari yang terbesar, semuanya di jual di bhinneka.


Sekian dulu dari Operator Sekolah. Untuk Bisnis Afiliasi yang kami ikuti akan kami tulis pada tulisan selanjutnya. Terima Kasih.

Sabtu Bergoyang di SDN 04 V Koto Timur

Selasa, 29 April 2014. Kali ini penulis ingin memaparkan tentang program di SDN 04 V Koto Timur yang lainnya, yaitu program "Sabtu Bergoyang". Bahwa pada tiap-tiap hari sabtu (kecuali hari libur nasional), sekolah kami mengadakan senam anti narkoba yang orang namakan, dimana seluruh pendidik (guru dan kepala sekolah) ,tenaga kependidikan beserta siswa-siswi kelas 2 sampai kelas 6 (kelas satu belum kami ikut sertakan karena beberapa alasan yang tidak bisa kami sebutkan)

Instruktur dalam program senam ini adalah sebuah proyektor dengan merk Epson, satu unit Tripod 70" serta sebuah pengeras suara. Karena proyektor Epson ini sudah tertanam di dalamnya sebuah colokan USB dan sepasang colok audio, jadi kami tak repot-repot lagi untuk memakai alat media seperti PC atau pun laptop.
Semua alat multi media tersebut adalah hibah dari CIMB Niaga dibawah pengawasan PKPU.

Berikut hasil pemotretan dengan kamera bawaan Handphone Operator Sekolah handphone gsm, karena Sekolah belum memiliki sebuah kamera digital atau kamera inventaris sekolah. Mudah-mudahan ada pihak luar sekolah yang bermurah hati membantu kami dengan kamera digital ini. Amin,,,

Terlihat siswa-siswi dengan semangatnya mengikuti senam ini


Meskipun tidak seirama. namun siswa-siswi ini tetap beranggapan bahwa gerakan lah yang benar,,hehe


Yang berada paling pinggir semangat amat tuch,,!

Pada tiap-tiap hari sabtu, selain paginya dilaksanakan dengan Senam, jam pelajaran siswa-siswi di Sekolah berakhir pada jam 10.00 AM dan di  lanjutkan dengan "Bergotong Royong" bersama. Dimana seluruh siswa-siswi membersihkan sebersih-bersihnya kelas mereka amsing-masing, dan kemudian di lanjutkan dengan membersihkan perkarangan rumah sekolah, ruang guru, ruang kepala sekolah, ruang dapur sekolah, ruang Perpustakaan dan Lab. Komputer serta membersihkan tanaman yang berada pada lingkungan sekolah.

Pada gambar di bawah tampak seorang guru kelas enam, yaitu ibuk Misra Murni, S.Pd. SD sedang memberikan arahan terhadap siswi yang akan menata kebun bunga nya.

Ada guru nich, harus rajin-rajin kayaknya nich, hehe..

Sekian dulu laporan dari Operator Sekolah. Dan sampai jumpa pada tulisan Operator Sekolah berikutnya.

Opening Perpustakaan beserta Lab. Komputer

Sabtu, 26 April 2014. Laboratorium komputer beserta ruang perpustakaan pada SDN 04 V Koto Timur mulai di lakukan "grand opening" oleh pihak Sekolah. Dan fasilitas laboratorium beserta ruang perpustakaan sudah bisa di nikmati oleh siswa-siswi SDN 04 V Koto Timur setiap hari. Kecuali pada hari minggu dan hari-hari libur nasional. Seperti pada tulisan sebelumnya ( http://sdn04vkototimur.blogspot.com/2014/04/dekorasi-ruangan-pustaka-dan-lab.html ), bahwa ruang perpustakaan dan ruang laboratorium komputer berada dalam satu ruang maka jadwal untuk siswa-siswi yang ingin berkunjung telah di atur sedemikan rupa, sehingga siswa-siswi tidak merasa terganggu dan tetap nyaman dalam menggunakan fasilitas kedua nya.
Seluruh pihak sekolah sangat-sangat berterima kasih kepada pihak CIMB Niaga di bawah kawasan PKPU yang telah ikhlas membantu atas jadinya SDN 04 V Koto Timur sebagai Duta cerdas dari seluruh Sekolah Dasar yang ada di lingkungan Kec. V Koto Timur pada khusus nya serta dilingkungan Indonesia pada umumnya.

Tampak dalam gambar antusias siswa-siswi SDN 04 V Koto Timur mengunjungi Laboratorium komputer dan Perpustakaan.
 Siswa-siswi sedang belajar mengoperasikan Komputer


Dan sebagian siswa-siswi sedang serius menonton senam anti narkoba dengan menggunakan alat multimedia proyektor.
 Siswa-siswi sedang asik menonton senam anti narkoba yang tayang dengan menggunakan proyektor


Saking asiknya menonton ada seorang siswa yang keceplosan duduk di atas meja,,hehe

Semua bantuan didapatkan secara hibah oleh pihak Sekolah dari pihak CIMB Niaga di bawah pengawasan PKPU. Dan semoga kedepannya pihak CIMB Niaga dibawah pengawasan PKPU tidak bosan-bosannya memperhatikan sekolah ini. Dan kedepan masih banyak program-program yang akan diberikan pihak CIMB Niaga dibawah pengawasan PKPU terhadap sekolah ini. (ungkapan dari Pak Hanafi selaku fasilitator dari pihak PKPU).
Alat Multi media yang telah di hibahkan pihak CIMB Niaga  dibawah pengawasan PKPU adalah berupa : 
  1.  Personal Computer sebanyak 19 komputer (tahap pertama sebanyak 6 unit PC dan tahap kedua sebanyak 13 unit PC: Klik link dibawah untuk melihat Unit yang lain
  2. desktop all in one / aio
  3. Satu Unit Proyektor Merek Epson Bussines and Education model terbaru : Klik link dibawah untuk melihat Unit yang lain
  4. EPSON Projector [EB-X14]
  5. Satu unit layar multi media : Klik link dibawah untuk melihat Unit yang lain
  6. BRITE Tripod 70" [TRI-1818]
  7. Dua Unit printer laser jet merek hp p1102 : Cek harga seri printer Hp yang lain
  8. printer laser mono
  9. Dua Unit printer Ink jet merek Canon seri Mp230 : Cek harga printer Canon yang lain 
  10. printer all in one / multifunction

Senin, 28 April 2014

Device Manager, Gpedit.msc, View Local Service Tidak bisa di Buka pada Windows 7 32-bit

View local service atau gpedit.msc, device manager tidak bisa di buka pada windows 7 32-bit versi Proffesional atau yang lainnya. Ketika ketik search pada Start dengan mengetikan gpedit.msc atau view local service, maka yang tampil adalah seperti gambar dibawah ini

 Dan kemudian muncul lagi pop-up seperti gambar di bawah ini


Setelah saya googling sana sini, dan mencoba berbagai obat sana-sini, akhirnya pencarian saya berbuah juga, dan view local service, device manager, gpedit.msc bisa terbuka seperti semula.
Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah mengetikan Regedit pada menu run dan cari file pada menu regedit : HKEY_CURRENT_USER\Software\Policies\Microsoft\MMC dan klik dua klik  RestrictedToPermittedSnapins dan rubah value nya dengan 0 kemudian klik OK..

 Maka view local service, device manager, gpedit.msc bisa di buka lagi. Dan saya  pun bebas lagi mengedit semua perintah yang ada di sana...

NB : Cara ini hanya berlaku pada windows 7 32-bit dan kalau pada windows 7 64-bit, anda bisa mencoba tutorial seperti pada www.computerstepbystep.com/group_policy_windows_7.html


Minggu, 20 April 2014

Cara Cek Sinkronisasi Data Dapodikdas 2014

Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) yang telah di kirim atau di sinkronisasi kan ke server pusat Data Pokok Pendidikan DIRJEN Pendidikan Dasar Kemdikbud dapat di cek atau dilihat secara online oleh Operator Sekolah di Website Dapodik.

Setelah Operator Sekolah Menginput atau merubah data Pendidik dan Tenaga Pendidik, Data siswa dan sekolah melalui applikasi Dapodikdas 2013/2014, selanjutnya melakukan validasi dan sinkronisasi ke server pusat dapodik. Jika berhasil, progress pengiriman data Dapodikdas bisa dilihat pada web Dapodikdas.


Cara melihat Progress pengiriman (Sinkronisasi) Dapodikdas 2013/2014 :
  • Kunjungi website http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/
  • Selanjutnya klik link Progress Pengiriman di menu website tersebut
  • Setelah link terbuka, pilih dan klik Provinsi anda masing-masing
  • Kemudian pilih Kabupaten/Kota kemudain Kecamatan
  • Lalu pilih atau klik Sekolah anda untuk melihat Profil Sekolah

Jumat, 18 April 2014

Informasi Patch DAPODIKDAS versi 207

Aplikasi 207 adalah penyempurnaan dari aplikasi sebelumnya, berikut penyempurnaan fasilitas dari aplikasi patch versi 207 :
  • penyempurnaan periode aktif pada login
  • penyempurnaan fitur salin data periodik
  • penyempurnaan lanjutkan semester pada rombel
  • penyempurnaan tombol tampilkan penugasan pada ptk
  • perubahan last_update untuk keperluan sync
  • penambahan keterangan semester pada setiap tabel longotudinal
  • penambahan tombol bantuan setiap form dan grid
  • penonaktifan perubahan pada kolom nama dan tanggal lahir untuk peserta didik
  • penonaktifan perubahan pada kolom nama dan tanggal lahir ptk
Serta perbaikan pada fasilitas sinkronisasi khususnya pada metode pengiriman data dari aplikasi frontend ke server kementerian
Diberitahukan kepada seluruh rekan-rekan Operator sekolah agar segera melakukan update data dengan menggunakan aplikasi versi 207.
Bagi rekan-rekan operator yang belum memiliki patch versi 207, silahkan download di http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/unduh
 

Jadwal Sinkronisasi Dapodikdas 2014 Terbaru

Untuk rekan-rekan Operator Sekolah se Indonesia, bahwa dalam rangka optimalisasi proses sinkronisasi dan pengaturan traffic pengiriman data maka tim DAPODIKDAS membuat jadwal sinkronisasi berdasarkan wilayah, hal ini bertujuan agar beban server dapat diatur, jika rekan-rekan operator  melakukan sinkronisasi diluar jadwalnya, maka akan ada pencegahan dari sistem. Hal ini berguna untuk mempermudah rekan-rekan semua.

Berikut jadwal Sinkronisasi DAPODIKDAS 2014

Proses Sinkronisasi Pada Dapodikdas 2013

1. Secara Offline
Perlu diketahui sebelumnya proses ini diperuntukkan bagi sekolah yg tdk terjangkau oleh koneksi internet.

1. MATIKAN KONEKSI INTERNET
1. MASUK KE LOCALHOST:6969 (Lihat Gambar) KEMUDIAN LOGIN DISANA


2. TAMPILAN SETELAH LOGIN :

KEMUDIAN KLIK TOMBOL SINKRONISASI (LIHAT GAMBAR DIATAS)

3. DOWNLOAD DATA OFFLINE :

HASIL DOWNLOAD DATA OFFLINE :

4. LOGOUT :



2. HIDUPKAN KONEKSI INTERNET

1. MASUK KE : http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
PILIH : UPLOAD DATA


2. UPLOAD DATA

3. DOWNLOAD DATA PERUBAHAN DARI PUSAT

4. HASIL DOWNLOAD :



3. MATIKAN KONEKSI INTERNET

1. MASUK LAGI KE LOCALHOST:6969, KEMUDIAN LOGIN. TAMPILAN AKAN BERUBAH SEPERTI GAMBAR BERIKUT :


2. PUSH SINKRONISASI :

3. HASIL PUSH SINKRONISASI :

NB :
  • SINKRONISASI OFFLINE HARAP DILAKUKAN APABILA VALIDASI 0
  • HASIL YANG DIDAPATKAN BERVARIASI




2. SECARA ONLINE
Untuk sinkronisasi secara online bias langsung dari aplikasi (KONEKSI INTERNET JANGAN LUPA).

Kamis, 17 April 2014

Pengaturan JJM (Jumlah Jam Mengajar) Pada Dapodikdas 2013

Untuk diketahui sebelumnya.
Untuk mengatur JJM (Menu Pembelajaran) yang pertama harus dilakukan adalah mengatur JJM yang WAJIB dulu (Non Tambahan 4 Jam) untuk KTSP rata-rata 32 Jam dan disimpan lalu selanjutnya silahkan mengatur JJM TAMBAHAN.

PENGATURAN JJM SEKOLAH YANG MENGGUNAKAN KTSP

CATATAN :
untuk KEPALA SEKOLAH bersertifikat "GURU KELAS" pada aplikasi Dapodikdas pada kolom MATA PELAJARAN diisi "Kelas SD/MI" dan pada kolom NAMA MATA PELAJARAN diisi "PKn/IPA/IPS/MTK/B. INDONESIA SESUAI DENGAN BIDANG STUDI SERTIFIKASINYA ATAU JURUSAN YANG TERTERA PADA IJAZAH TERAKHIRNYA".

Sedang untuk Kepsek yang bersertifikat "GURU PENJAS", maka pada kolom MATA PELAJARAN diisi "PJOK" dan pada kolom NAMA MATA PELAJARAN juga diisi "PJOK". Begitu juga utk Kepsek yang bersertifikasi Guru PAI dikolom Mata Pelajaran dan kolom Nama Mata Pelajarannya diisi "Pendidikan Agama Islam"

Untuk sekolah yang kepseknya bersertifikat "Guru Penjas" atau "Guru PAI", ketika Kepseknya mengambil "Matpel Wajib (tambahan jam)" pada salah satu rombelnya, maka Guru PAI/Penjas-nya tidak boleh mengajar dirombel yang bersangkutan/di rombel yang sama.

PENGATURAN JJM KURIKULUM 2013
Pengaturan pembelajaran di kelas 1 yg menggunakan kurikulum 2013 mungkin utk sementara sperti ini...
Sedangkan utk Kelas IV (kurikulum 2013) mungkin sperti ini pengaturannya: (contoh)
  • Pendidikan Agama dan budi pekerti = 4 jam = Abdul
  • Guru Kelas = 24 = Suaeb
  • guru PJOK = 4 = Jono
  • Seni Budaya dan Prakarya= 4 jam = Suaeb
pengaturan pembelajaran di rombel utk kurikulum 2013 kelas 7 (SMP) bisa sperti gambar ini. Mohon koreksinya.


PENGATURAN JJM BAGI PTK YANG MENGAJAR FULL GURUKELAS/WALI KELAS DI KELAS VI (GURU KELAS + PJOK + PAI + MUATAN LOKAL POTENSI DAERAH + MULOK DAERAH) DAN DI SEKOLAH TERSEBUT MENGGUNAKAN KTSP 2006 DENGAN JJM MAKSIMAL 36 JAM/MINGGU.

Solusinya :
Ambil contoh PTK tersebut bernama Pak Udin, Maka Pengaturan JJM’nya Sebagai Berikut :

(NB: Di dalam 1 rombel tidak boleh ada mapel yg sama dipegang oleh 2 guru)


Tambahan Mengenai ROMBEL : Dapodik 2013 dan Tunjangan ( Sinkronisasi data dapodik pada aplikasi tunjangan )
• Rombel
Sebuah kelas akan dihitung sebagai sebuah rombel jika dalam kelas tersebut terdapat :
        • Ruang Belajar
        • Sarana Belajar
        • Siswa
        • Guru
• Mapping
Rombel Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan mapping rombel :
        • Sarana dan prasarana sekolah sudah dientri
        • Siswa/peserta didik sudah dientri
        • Guru/PTK sudah dientri
        Untuk sarana :
        • Ada ruang belajar yang layak
        • Bukan ruang yang digunakan untuk peruntukan lainnya (Ruang lab, ruang musola dll)
        Untuk siswa
        • Jumlah siswa minimum didalam satu rombel adalah 20 orang
        • Siswa harus dimasukan kedalam rombel..\
        • Siswa kurang dari 20 orang perkelas, maka rombel akan dianggap tidak normal, kecuali jika sekolah
           tersebut didaftarkan sebagai sekolah yg berada didaerah khusus berdasarkan SK Bupati.
        Untuk PTK/Guru :
        • Guru harus dimasukkan kedalam rombel, jika tidak di mapping kedalam rombel maka guru tersebut
          dianggap tidak aktif.
        • Guru boleh memegang lebih dari satu rombel (kecuali guru kelas)
        • Untuk guru yang sudah sertifikasi, maka guru harus mengajar sesuai dengan sertifikat pendidiknya.
        • Dalam satu rombel tidak boleh ada lebih dari satu guru yang memegang mata pelajaran yang sama
        • Rombel Tidak Normal

Rombel tidak normal jika didalamnya ditemukan
• Siswa kurang dari 20 orang (kecuali daerah khusus dan layanan khusus)
• Jumlah Jam Mengajar pada satu minggu melebihi aturan yang berlaku :
• KTSP : 32 + 4 jam
• Kurikulum 2013 : 38 jam

Sekolah Tidak Normal
• SD memiliki wakil kepala sekolah
• SMP memiliki wakasek lebih dari kewajaran
menurut Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 dan SK Dirjen Dikdasmen Depdiknas RI Nomor 541/C.C3/Kep/MN/2004 :
• SMA/SMK memiliki 4 wakil kepala sekolah (Kurikulum, Kesiswaan, Sarana Prasarana, dan Hubungan
   Masyarakat)
• SMP berdasarkan tipe sekolah:
(1) Tipe A (≥ 27 rombel) : memiliki 4 wakil kepala sekolah
(2) Tipe A1 (24-26 rombel) : memiliki 3 wakil kepala sekolah
(3) Tipe A2 (21-24 rombel) : memiliki 3 wakil kepala sekolah
(4) Tipe B (18-20 rombel) : memiliki 3 wakil kepala sekolah
(5) Tipe B1 (15-19 rombel) : memiliki 3 wakil kepala sekolah
(6 ) Tipe B2 (12-14 rombel) : memiliki 2 wakil kepala sekolah
(7) Tipe C (9-11 rombel) : memiliki 2 wakil kepala sekolah
(8 ) Tipe C1 (6-8 rombel) : memiliki 1 wakil kepala sekolah
(9) Tipe C2 (3-5 rombel) : memiliki 1 wakil kepala sekolah
SD tidak memiliki wakil kepala sekolah

TAB ROMBEL Pada Dapodikdas 2013

TAHAPAN PERTAMA DI TAB ROMBEL

LIHAT SAJA GAMBAR (NB: ingat ada kta 'Pilih' dan 'ketik)
tafsirkan sendiri udeh pada pinter ini!!!


TAHAP KEDUA DI TAB ROMBEL
"ISI PENGHUNI ROMBEL"

Tafsirkan Gambar sperti dibawah ini :


Tahap 3.A di Tab Rombongan
Belajar Tafsirkan sendri gambar di bawah ini :

Tambahan :
Bila ingin memasukkan pelajaran yg tdk ada di Matpel Wajib. Contoh B. Inggris.
Caranya : Klik Tambah lalu pilih “Mapel Tambahan” . Sperti gambar dibawah ini :


Tambahan :

TAB SARANA PRASARANA Pada Dapodikdas 2013

TAHAPAN PERTAMA DI TAB SARPAS.
Lihat saja digambar dan tafsirkan saja sendiri oleh rekan2.


Bukti sudah mengisi dan terSAVE tentang kondisi prasana bakal terlihat di beranda setelah di REFRESH (F5)

TAHAPAN KEDUA DI TAB SARPAS.. 
Lihat saja digambar dan tafsirkan saja sendiri oleh rekan2. udeh pada pinter ini...!!!

Tambahan :

Rabu, 16 April 2014

Tab PTK (Pendidik Dan Tenaga Kependidikan)

TAHAPAN PERTAMA PENGISIAN DI TAB PTK (dapodikdas 2013) "MELENGKAPI DAN UPDATE DATA PTK)

Tahapan pertama pengisian di tab PTK adalah sebagai berikut :
1. Plih PTK dan klik menu UBAH
2. Isi dan isian2 yg sdah disediakan di DATA PTK
  • SK Pengangkatan diisi dgn SK PNS
  • Kolom NPWP diisi tanpa TITIK
  • Kolom Nip istri/suami abaikan saja.
3. Jika sudah selesai klik SAVE
4. dilanjutkan mengisi data rincian ptk cek dan isi tab2 yg ada dirincian tsb (sesuaikan)
  • Data Rincian Anak : Lihat jenis kelamin anak (bagi yg punya anak laki2 disana akan tertera perempuan & perbaiki)
  • Data Rincian Inpassing : Hanya untuk Guru Yayasan, PNS tidak (kosongkan)
  • Data Rinciang Rwyt Gaji Berkala : sesuaikan kembali golongannya & isi gaji pokoknya.
  • Data Rincian Rwyt kepangkatan sama cek kembali, sesuaikan.
  • Data Rwyt Jabfung : Dimulai dr Golongan III/a.
5. Setiap selesai 1 tab jgn lupa klik tombol SIMPAN
6. Lanjutkan dgn PTK yg selanjutnya

NB : MELENGKAPI DATA PTK INI HARUS SEMUANYA BAIK YG SDAH MUTASI ATAUPUN PENSIUN (APALAGI YG PNS Harus lengkap riwayat kepangkatan dan KGB-nya)

Data rinci yang sdah mutasi bagi pns dilengkapi utamanya RIWAYAT KEPANGKATAN dan KGB
  • Data rinci bagi NON PNS yg sudah mutasi/keluar tidak perlu diisi (tapi data PTK-nya harus di isi) Semoga dapat difahami (pengisian di tab2 data rinci sepertinya sudah jelas jika perlu penjelasaan juga wait and see saja)



Tahapan kedua (2.A) di PTK

"MENUGASKAN PTK YG MASIH AKTIF"
Jika rekan2 sdah melakukan tahap 1 (di tab PTK) bisa dilanjutkan dng tahapan 2.A. langkah2nya sebagai berikut :
1. Pilih PTK yg masih aktif sampai saat ini dan klik menu penugasan
2. Muncul kolom penugasan dan isi isian2 tsb (sesuaikan)
  • nomor surat tugas diisi dengan surat mulai bertugas disekolah sekarang.
  • tgl surat sesuaikan dgn SK Penugasan di sekolah tersebut
  • tmt sesuaikan dgn di SK Penugasan
  • pilih induk atau bukan induknya
 3. jika sudah selesai klik save and close
4. jika pengisiannya sdah benar.. akan berhasil tersimpan dan secara otomatis status ptk tsb tdk merah lgi/tdak ada tanda seru lgi dan akan terlihat tgl surat tugasnya. Perhatikan gambar!!

  


Tahapan kedua (2.B) di TAB PTK

"PENUGASAN PTK YG MASIH AKTIF DI TAHU PELAJARAN SKARANG TPI BARU2 INI SUDAH MUTASI ATAU TDK AKTIF LGI"

1. Langkah2nya sama sperti tahap 2.A (di tab PTK)
2. Yang membedakan :
  • Menceklis bulan keaktifannya 
  • Pengisian keterangan keluar

Perhatikan gambar... semoga bisa difahami


Tahapan kedua (2.C) di tab PTK

"PENUGASAN PTK YG SDAH KELUAR SEBELUM TAHUN PELAJARAN 2013/2014)

1. Langkah2nya sama seperti tahap 2.A
2. Isi nomor surat sesuaikan waktu dia masih tugas (tahun sebelumnya)
3. Keaktifkan jangan ada yg diceklis
4. Isi keterangan keluarnya..



TAHAPAN KETIGA (di Tab PTK)

SEANDAINYA/misalkan ada PTK nangkring di data sekolah anda.. padahal PTK tersebut tdk pernah anda input atau tdak pernah ada di sekolah anda alias PTK siluman tetapi ada di daftar ptk yg skarang langkahnya sebagai berikut :
1. Pilih PTK tersebut
2. klik menu HAPUS
3. jng lupa jika sudah selesai klik menu SIMPAN

TAHAPAN KEEMPAT (DI TAB PTK) "INI MASIH SEMENTARA DULU YA"
"Menambahkan PTK Baru" langkah2nya:
1. klik menu tambah dan akan muncul kolom penampung sementara PTK baru
2. klik tambah di kolom tsb dan lakukan pengisian datanya (harus lengkap kecuali kolom NUPTK jika belum ada diabaikan saja)
3. jika sdah selesai jng lupa klik simpan
4. jika mau nambah lgi lakukan langkah2 seperti di atas.
5. jika sdah selesai klik pindahkan ke tabel utama
6. jika sdah berhasil dipindahkan ke tabel utama lakukan langkah kesatu dan kedua (di tab PTK)

NB : PTK baru bisa masuk database jika sdah proses singkronisasi (ini yg jdi pertanyaanya makanya saya bilang ini sementara dulu) he..he.eh.


Tambahan Penting Peserta Didik Yang Terlanjur Keluar

Bagaimana mengembalikan PESERTA DIDIK YANG TERLANJUR DIKELUARKAN dan INGIN DIKEMBALIKAN KE TAB PESERTA DIDIK, maka ini caranya: (lihat gambar)


DAN LANGKAH INI JUGA BERLAKU UTK PTK YG MAU DIKEMBALIKAN.
TAPI BAGI PTK ATAU PESERTA DIDIK YANG TERLANJUR DIHAPUS.. TIDAK ADA CARA LAIN JIKA INGIN MENGEMBALIKANNYA KECUALI INSTALL ULANG APLIKASINYA.


TAMBAHAN
Jawaban tentang tgl dan dan satus terdaftar peserta didik. Status "Terdaftar Sebagai" semua PD dalam Tab PD harus terisi "Siswa Baru" atau "Pindahan" sesuai jenis pendaftaran PD tersebut saat pertama kali masuk ke sekolah kita.

Tambahan mengenai Peserta Didik

CATATAN PENTING : PENGISIAN HARUS BERTAHAP MULAI DARI AWAL HINGGA AKHIR. JANGAN LANGSUNG TAHAP PERTAMA LANGSUNG KE TAHAP EMPAT (HARUS BERURUTAN MULAI DR AWAL HINGGA AKHIR) BILA TIDAK DILAKSANAKAN MAKA NANTINYA WAKTU AKAN DI SINKRONISASI DATA TIDAK AKAN VALID.


LANGKAH-LANGKAH PENGERJAAN/ENTRY DATA DI APPLIKASI DAPODIKDAS 2013 ( Part 2 )

(Tahapan KETIGA dalam pengisian Tab PESERTA DIDIK)

Jika rekan2 sudah melakukan tahap kedua (di Tab Peserta Didik) lakukan hal2 berikut :
1. cari dan pilih peserta didik yg statusnya masih merah (!) alias belum terdaftar baru terimput.
2. jika sdah ketemu lakukan registasi dng keteragan siswa tersebut diterima pada tahun pelajaran yg kemarin apakah siswa baru atau siswa pindahan
3. lakukan tahapan pertama (melengkapi data termasuk periodik)
4. jika peserta didik tsb. sdah keluar lakukan tahap Kedua
5. jika peserta didik tsb masih sekolah di sekolah anda tdk perlu melakukan tahap kedua..

Semoga dapat difahami.. biasanya yg merah siswa kelas 1 (baru)

NB : Tahapan di peserta didik masih ada.. jadi jangan dulu ke tab yg lain.


(Tahapan KEEMPAT dalam pengisian Tab PESERTA DIDIK)

Jika rekan2 sdah melakukan tahap ketiga (di tab peserta didik) dilanjutkan dng tahapan ini : (INPUT PESERTA DIDIK BARU DIKELAS AWAL)

1. Klik menu tambah siswa kelas 1 sd (jika sd)
2. lakukan pengisian data sesuai isian2 yg sdah disediakan
3. jika sdah selesai klik tombol save (bukan tombol save di menu data rinci)
4. klik peserta didik yg baru tsb dan lakukan tahapan ketiga, bedanya diketerangan jenis pendataran di isi dng siswa baru dan tanggal daftarnya tgl tahun pelajran skrang (2013/2014)
5. jika sdah selesai lakukan tahapan pertama (melengkapi data periodik)
6. selesai tuk tahapan keempat.


(Tahapan KELIMA/terakhir dalam pengisian di Tab PESERTA DIDIK)

Jika rekan2 sdah melakukan tahapan keempat (di Tab Peserta Didik) langkah selanjutnya adalah "PENGISIAN SISWA BARU " langkah2nya sebagai berikut :

1. klik menu tambah (di tab peserta didik) dan akan muncul kolom baru "Tambah Peserta Didik"
2. klik menu tambah di kolom tsb dan silahkan masukan data peserta didik barunya. jika mau nambah lgi tinggal klik menu tambah kembali
3. jika sdah dianggap selesai klik menu pindahkan ke tabel utama (proses pemindahan ini harus online krna akan disinkronkan dng data yg diserver pusat)
4. jika sdah selesai dan berhasil dipindahkan ke halaman utama, tutup kolom "tambah peserta didik baru" pilih peserta didik tsb (di halaman peserta didik) dan lakukan tahapan pertama (pengecekan kelengakapan data dan pengisian data periodik)
5. selesai deh utk pengisian di Tab Peserta didik

NB : UTK TINGKAT SMP bisa menggunakan tahapan ini tanpa melakukan tahapan keempat.. tpi bisa berhasil dan bisa jga tdk, karena mungkin saja siswa baru yg masuk k smp tdk terjaring di data dapodik yg lama waktu di SDnya.. apa lgi peserta didiknya yg dari MI.