Pages

Sabtu, 12 April 2014

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 
Cuaca yang tidak menentu membuat kondisi tubuh menurun. Tubuh menjadi rentan terserang penyakit, seperti flu dan menjadi cepat lelah. Tapi jangan buru-buru mengkonsumsi obat vitamin. Anda dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara alami lewat makanan ini:   


• Buah-buahan berwarna 
Berbagai jenis buah-buahan ternyata memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda-beda. Hal tersebut bisa dilihat dari warna dominan masing-masing buah. Misalkan pada buah pepaya, mangga, dan jeruk yang dominan berwarna kuning atau jingga. Buah-buah ini mengandung betakaroten yang menghambat proses penuaan dan meremajakan sel tubuh. 

Selain itu, betakaroten di dalam tubuh berubah menjadi vitamin A yang memacu sistem kekebalan tubuh sehingga tak mudah terserang penyakit. Begitupun dengan buah sirsak dan klengkeng yang dominan berwarna putih. Buah-buah ini memiliki kandungan serat dan vitamin C yang juga membuat tubuh lebih kebal dari penyakit. 

• Ikan yang mengandung lemak omega 3 
Lemak omega 3 memang terdapat di berbagai jenis makanan. Salah satu yang terkenal terdapat pada ikan salmon dan ikan tuna. Apa manfaat lemak omega 3? Dengan mengonsumsi omega 3, seseorang dapat meningkatkan kandungan oksigen di dalam darah sehingga metabolisme tubuh menjadi lebih optimal. Dengan demikian energi dan stamina tubuh akan meningkat. 

• Kacang-kacangan 
Terdapat berebagai jenis kacang-kacangan, tapi beberapa di antaranya dikenal memiliki khasiat untuk kesehatan. Salah satunya adalah kacang kedelai. Salah satu kandungan yang terdapat pada kedelai adalah lecithin. Jika kita mengonsumsinya secara rutin kandungan isoflavon, piridoksin, karoten, dan kandungan lain pada lecithin akan menjadikan regulator ketahanan tubuh meningkat dengan pesat. 

Kedelai juga memiliki kemampuan yang luar biasa untuk meningkatkan kandungan gamma globulin dalam protein darah. Gamma globulin dikenal sebagai kekuatan untuk perlindungan dari berbagai serangan infeksi dan virus dalam tubuh. Sedangkan kandungan lainnya, pitosterol bermanfaat tidak hanya melindungi terhadap penyakit jantung tapi juga melindungi terhadap kanker dengan menghambat pertumbuhan tumor. 

• Konsumsi bawang putih 
Bumbu dapur yang satu ini hampir setiap hari ditemui dalam masakan Indonesia. Di balik kegunaannya sebagai bumbu dapur, bawang putih memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Salah satunya adalah dapat menjaga kekebalan tubuh. 

Tumbuhan bernama latin Allium sativum ini diketahui mengandung allicin. Senyawa tersebut merupakan senyawa anti-jamur yang dapat melindungi tubuh dari infeksi dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. 

Daya tahan tubuh yang baik dapat membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit.
 
Sumber : http://www.futuready.com

0 komentar:

Posting Komentar